Psoriasis Parah Berisiko Kematian Dini



Orang dengan kasus psoriasis penyakit kulit yang parah tampaknya memiliki hampir dua kali lipat risiko kematian selama studi empat tahun dibandingkan orang-orang tanpa kondisi tersebut, menurut penelitian.

Namun tingkat kematian yang meningkat hanya terlihat pada orang dengan psoriasis yang mempengaruhi lebih dari 10 persen luas permukaan tubuhnya. Bagi penderita penyakit yang kurang parah, risiko kematian dini sebenarnya kurang dari pada orang yang tidak memiliki kondisi kulit.

Dr. Robert Kirsner, ketua dermatologi di University of Miami Miller School of Medicine, mengatakan bahwa dalam dekade terakhir ini, dokter telah mengetahui bahwa orang dengan psoriasis cenderung kurang sehat.
"Mereka kelebihan berat badan, menderita diabetes melitus, merokok, minum dan memiliki kolesterol tinggi," katanya.


Faktor-faktor ini - serta adanya psoriasis itu sendiri - meningkatkan risiko penyakit vaskular dan hasil medis buruk lainnya. Akibatnya, mereka lebih sering mengalami serangan jantung dan stroke dan lebih sering meninggal," kata Kirsner. Dia tidak terlibat dalam penelitian saat ini, namun meninjau temuannya.

Kirsner dan penulis studi Dr. Megan Noe menyarankan agar orang-orang dengan psoriasis parah berbicara dengan dokter mereka tentang mengobati psoriasis mereka dan mengendalikan faktor risiko yang dapat menyebabkan risiko kematian dini yang lebih tinggi, seperti merokok, kolesterol tinggi dan diabetes.
Penting juga untuk dicatat bahwa tidak jelas dari penelitian ini saja apakah psoriasis parah benar-benar menyebabkan tingkat kematian lebih tinggi, atau jika hanya ada hubungan antara faktor-faktor tersebut.

Studi tersebut melibatkan hampir 8.800 orang dewasa dengan psoriasis dan hampir 88.000 tanpa kondisinya. Peserta studi diikuti rata-rata sekitar empat tahun.
Relawan studi semua tinggal di Inggris. Sekitar setengah dari peserta adalah wanita. Usia rata-rata mereka sekitar 45. Mereka yang memiliki psoriasis lebih cenderung merokok dan minum alkohol.

Setelah para peneliti menyesuaikan statistik mereka sehingga tidak terbuang oleh faktor-faktor seperti merokok dan diabetes, mereka menemukan bahwa mereka dengan tingkat psoriasis tertinggi - yang mempengaruhi lebih dari 10 persen permukaan tubuh mereka - hampir dua kali lipat kemungkinan akan meninggal selama periode penelitian.
Sekitar 12 persen pasien psoriasis jatuh ke dalam kategori parah, kata periset.
Ketika sampai pada tingkat kematian, psoriasis parah lebih berisiko daripada merokok dan tapi berisiko lebih kecil daripada diabetes, kata Noe.

Dia Mengajar Dermatologi Klinis Di University Of Pennsylvania.

Orang dengan psoriasis kurang parah sedikit lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal daripada populasi umum. Dan, hal itu tetap berlaku bahkan ketika para peneliti memperhitungkan faktor risiko lainnya, seperti usia, status merokok dan berat badan.
Ada teori, tapi bukan bukti kuat, mengapa ada hubungan antara psoriasis ekstrim dan tingkat kematian yang lebih tinggi, kata Kirsner.

Satu teori adalah bahwa psoriasis menciptakan lebih banyak pembengkakan - pembengkakan - di dalam tubuh, yang melukai arteri dan vena.
Mungkin saja penderita psoriasis sudah memiliki peradangan tubuh yang tidak disebabkan oleh kondisi kulit.

Kemungkinan lain adalah bahwa stigma sosial psoriasis dapat menyebabkan kondisi mental, seperti depresi, dengan membuat lebih sulit bagi pasien untuk melakukan hal-hal tertentu, termasuk mencari pekerjaan, saran Noe.

Haruskah pasien dengan psoriasis ekstrim sangat khawatir dengan kondisi mereka? Kirsner mengatakan bahwa dalam hal risiko kematian dini yang lebih tinggi, "kita tahu bahwa psoriasis yang lebih buruk dan memiliki psoriasis lebih lama adalah penting, namun risiko individu untuk pasien tertentu tidak jelas."

Para Peneliti Tidak Memperkirakan Rentang Hidup Rata-Rata Dalam Penelitian Ini
Penderita psoriasis, terutama psoriasis parah, harus bekerja sama dengan dokter mereka untuk mengatasi kondisi tersebut, mengurangi kolesterol, berhenti merokok, menurunkan berat badan, mengendalikan gula darah, berolahraga dan minum aspirin, kata Kirsner. Yayasan Psoriasis Nasional merekomendasikan untuk berbicara dengan dokter Anda tentang risiko dan manfaat obat-obatan, seperti aspirin, sebelum meminumnya.
Noe berkata, "Kami memiliki banyak perawatan yang sangat berhasil, dan obat biologis baru bekerja untuk kebanyakan orang."


Namun, Kirsner menambahkan, sementara "perawatan mungkin penting, apakah pengobatan akan mengurangi risiko tidak diketahui dengan jelas."




Author:

Facebook Comment